Senin, 19 Juli 2010

Profil Wilayah Desa Mandalakasih


selain survey dan observasi wwcr adlh cara ampuh untuk mengetahui profil wilayah

desa mandalakasih sebagian besar adalah persawahan yang terbentang luas

PROFIL WILAYAH

LETAK GEOGRAFIS

Desa Mandalakasih terletak di Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut dengan luas wilayah 548,44 Ha. Adapun batas-batas wilayah dari daerah ini terdiri atas empat bagian yaitu sebelah utara berbatasan dengan desa Paas, sebelah selatan dengan Samudera Indonesia, sebelah barat dengan desa Pameumpeuk, dan sebelah timur dengan desa Mekarsari. Berdasarkan perbatasan ini Desa mandalakasih berada di belakang Kecamatan Pameungpeuk dengan jarak 0,25 km. Sedangkan jarak dari ibukota kabupaten garut sekitar 85km dan jarak dari propinsi sekitar 160 km.

Kondisi geografis desa mandalakasih terletak pada daerah dataran rendah dan memiliki curah hujan yang mencapai 2000/3000 mm/tahun. Ketinggian tanah desa mandalahkasih dari permukaan laut adalah 1m dengan suhu rata-rata mencapai 320C.

Sebagian besar wilayah desa mandalakasih diperuntukkan untuk sawah dan lading yaitu seluas 356 Ha. Sisanya diperuntuk untuk pemukiman dan peumahan yaitu seluas 88 Ha, untuk empang 8 Ha, perkuburan 2 Ha. Untuk jalan dan bangunan umum masing-masing 1 ha dan sisanya sebesar 91 Ha digunakan untuk lainnya.

KEPENDUDUKAN

Berdasarkan data maret 2009 jumlah penduduk desa mandalakasih adalah 6016 orang dengan pembagian 3453 orang penduduk laki-laki dan 2563 orang penduduk perempuan. Dari jumlah penduduk tersebut, masyarakat desa mandalakasih terdiri 1793 keluarga.

Profesi yang dijalani masyarakat Desa Mandalakasih terdiri dari karyawan, wirausaha/pedagang, tani, pertukangan, buruh tani, pensiunan, dan jasa. Berdasarkan pekerjaan, penduduk Mandalakasih mayoritas memiliki pekerjaan sebagai buruh tani yaitu sebesar 1987 orang disusul oleh tani sebesar 654 orang. Penduduk dengan mata pencaharian karyawan sebagian besar adalah karyawan Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebanyak 158 orang dan yang paling sedikit adalah ABRI yaitu sebanyak 5 orang,. Desa Mandalakasih juga memiliki pencaharian sebagai wiraswasta/pedagang yaitu sebanyak 221 orang dan yang berkerja dibidang jasa ada 15 orang. Dan masyakat Desa Mandalakasih juga memiliki pensiunan sebanyak 118 orang.

TINGKAT PENDIDIKAN

Tingkat pendidikan di desa mandalakasih tidak terlalu tertinggal. Hal ini terlihat dari jumlah lulusan sekolah dari masyarakat desa mandalakasih. Jumlah lulusan terbesar dari masyakat desa mandalakasih adalah lulusan dari Sekolah menengah atas, disusul dari lulusan sekolah dasar, selanjutnya lulusan sekolah menengah pertama. Selain lulusan sekolah, masyarakat desa mandakasih juga memilik masyarakat yang lulus dari akademi (D1-D3) dan juga lulusan sarjana (S1-S3). Adapun jumlah lulusan dari SMA berjumlah 1357 orang dan jumlah lulusan untuk sarjana berjumlah 68 orang.

Di desa mandalakasih juga terdapat beberapa sekolah yang mendukung kemajuan pendididkan di desa Mandalakasih. Adapaun sekolah yang terdapat di desa mandalakasih adalah TK/PAUD, Sekolah dasar, ibtidaiyah, Tsanawiyah dan tempat kursus menjahit.

TK/PAUD yang ada di desa mandalakasih berjumlah 1 pada tahun 2009, sekolah dasar terdapat 4 SD Negeri. Untuk sekolah yang berkaiatan dengan agama terdiri dari madrasah Ibtidaiyah yang berjumlah 1 buah dan Madrasah Tsanawiyah terdiri dari 2 Tsanawiyah. Tenaga pengajar di Sekolah Dasar Mandalakasih terdapat 24 orang, dan siswa sekolah dasar negeri tersebut terdapat sekitar 864 siswa.

Di desa mandalakasih juga terdapat tempat pendididkan non formal berupa tempat kursus yaitu kursus menjahit. Tempat kursus menjahit terdapat di 2 tempat dengan 4 orang pelatih dan sekitar 60 orang murid.

SARANA DAN PRASARANA

Sarana yang terdapat di desa mandalakasih berupa sarana olah raga adalah 1 lapangan sepak bola, 2 lapangan volley, 1 lapangan bulutangkis, dan 5 lapangan tenis meja. Sedangkan sarana peribadatan yang ada di desa mandalakasih adalah yaitu mesjid dan mushala.

Prasarana yang berkaitan dengan perhubunga berupa jalan desa sepanjang 7.3 km, jalan kabupaten 0.5 km, jalan propinsi 0.5 km. Jembatan 4 buah dengan panjang 0.3 km. sarana perhubungan ini berfungsi untuk kelancaran transportasi yang mendukung kelancaran kehidupan masyarakat desa mandalakasih khususnya untuk perhubungan dengan masyarakat lainnya. Sedangkan untuk masalah komunikasi terdapat pemancar radio 1 buah. Pemancar radio ini berfungsi untuk memberikan informasi kepada masyarakat.

Sebagai sarana untuk membantu kelancaran transportasi dan perpindahan warga terdapat beberapa alat transportasi. Alat transportasi yang tersedia di desa mandalaksih adalah becak 20 buah, sepeda motor 576 buah, mikrolet 8 buah, mobil dinas 3 buah, mobil pribadi 25 buah.

POTENSI

Potensi yang terdapat dalam desa masyarakat dapat berupa pertanian, pertambangan, industry kecil, maupun pertambangan. Mengenai potensi pertanian terdapt lahan pertanian yang luas. Lahan pertanian ini sebagian besar ditanami denga padi, dan sisanya dimanfaatkan dengan tanaman lain. Adapun hasil pertanian yang dihasilkan adalah padi sebanyak 268 ha dan 1540 ton (data maret 2009), pisang 2 ha, kelapa 10 ha, dan singkong.

Selaian pertanian di desa ini juga terdapat perternakan dan perikanan. Potensi perikanan yang ada adalah terdapatnya empang/kolam perikanan seluas 8 ha. Untuk Peternakan, di desa mandalakasih terdapat beberapa jenis peternakan. Adapun jenis peternakan yang ada adalah:

- Ayam kampung

- Itik

- Kambing

- Domba

- Sapi

Hal yang menjadi tambahan potensi bagi desa mandalakasih adalah terdapatnya pertambangan pasir sebanyak 2678 M3. Pasir ini bermanfaat untuk pembangunan yang ada. Pasir-pasir yang ada kebanyakan belum begiti dimanfaatkan.

Desa mandalakasih yang berbatasan langsung dengan samudra Hindia memiliki potensi pariwisata berupa wisata pantai. Jika hal ini dikembangkan dengan baik akan memberikan hasil yang bermanfaat untuk pengembangan desa. Akan tetapi saat ini potensi ini masih belum dikembangkan. Pantai yang ada masih sedikit kotor sehingga perlu perawatan yang baik sehingga dapat dijadikan sebagai salah satu tempat untuk kunjungan wisata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar