Senin, 19 Juli 2010

Potensi Home Industry Keripik Singkong dan Kerupuk Desa Mandalakasih

Desa Mandalakasih terdapat industri keripik dan kerupuk berskala industri rumahan (home industry). Industri ini cukup menjanjikan jika dilihat dari perkembangannya. Keripik singkong asli tanpa bahan pengawet menjanjikan rasa yang lebih enak dibanding keripik singkong kemasan. Kerupuk buatan rumahan di desa ini juga tidak kalah nikmat dibanding keripiknya.
Sayang, daerah penjualan kerupuk masih sekitar daerah pameungpeuk dan paling jauh di Kabupaten Garut. Sedangkan untuk keripik daerah pemasarannya masih sekitar Garut, namun jika ada pesanan khusus bisa samapai Jakarta. Potensi yang cukup besar ini, memiliki beberapa kelemahan. Kelemahan ini jika ditanggulangi dengan baik akan membuat perkembangan industri ini menjadi lebih baik.
Kelompok KKNM-Mandalakasih sudah meneliti dan mensurvey kemungkinan yang dapat dilakukan untuk memajukan industri rumahan keripik dan kerupuk dari segi ekonomi.
hal yang perlu dikembangkan agar industri yang ada dapat berkembang lebih maju adalah:
Pembantuan perhitungan harga pokok produksi
Selama ini, pabrik kerupuk masih menghasilkan 300 ikat per hari, 1 ikat terdiri dari 5 kantong. Harga jual per ikat adalah Rp. 8000,-. Rata-rata penjualan per hari adalah Rp. 2.400.000,-. Untuk pabrik keripik, produksi per hari adalah 200 kg per hari. Dengan harga jual per kg adalah Rp. 15000,-. Rata-rata penjualan per hari adalah Rp 3.000.000,-
Pemberian branding serta packaging
Pabrik kerupuk menghasilkan 1500 kantong kerupuk tanpa merk serta packaging yang bisa menambah nilai jual kerupuk. Pabrik hanya mengemas produknya dengan plastik transparan berukuran 50 gram dan di ikat dengan sebuah karet. Kemasannya sama sekali tidak terdapat inisial pabrik pembuat atau inisial nama pemilik pabrik, sehingga tidak terbentuk sebuah identitas mengenai produk yang bisa membedakan dengan kompetitor lain. Hal ini bisa dijadikan peluang untuk membentuk sebuah identitas, branding, dan packaging produk untuk menambah nilai jual, ketertarikan dan kepercayaan pasar terhadap produk tersebut.

Dengan demikian industri rumahan yang mempekerjakan ibu-ibu dan pemuda sekitar dapat menjanjikan untuk segi finansial penduduk dan menjadi pemicu daerah sekitar dapat mandiri mengembangkan potensi industri yang ada. Karena dari segi kualitas dan kuantitas keripik dan kerupuk asli Mandalakasih sangat berpotensi untuk dikembangkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar